Mengenai Saya

Foto saya
Indonesia
Artikel adalah sebuah bacaan menghibur dan bermanfaat. Di sini kami menyediakan artikel bagi anda yang haus pengetahuan. Kami bukan yang terbesar dan terlengkap, tapi kami berusaha menjadi yang terbesar dan terlengkap .

Senin, 21 Maret 2011

Super Moon

SuperMoon
Jarak Bulan & Bumi
Super Moon adalah sebuah fenomena alam yang membuat bulan purnama terlihat seperti lebih besar .


Fenomena ini terjadi dikarenakan, saat terjadi purnama jarak bumi & bulan  saling berdekatan . Fenomena ini terjadi selama 18 tahun sekali . Karena jarak bumi & bulan sangat dekat, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap pasang surut air laut . Bagi wilayah yang berada tepat di "bawah" bulan, hal ini bisa menyebabkan bencana .

Adakah Hubungan Tsunami di Jepang dengan Super Moon ?


Ya, hal ini dikarenakan air laut & lempeng bumi tertarik oleh gaya gravitasi bulan . Sehingga , terjadi gempa di dasar laut bersamaan dengan naik air laut & terjadilah tsunami yang sangat besar . Kabarnya, akibat tsunami ini wilayah Jepang bergeser sekitar 2,6 m . Dan juga, lebih dari 10000 jiwa WNI menjadi korban dari musibah ini .

Kapan Kita Bisa Melihat SuperMoon ?

Jika di hitung dari tahun ini, kira-kira masih 18 tahun lagi . Namun, jika sudah saatnya nanti, kita harus berharap agar saat itu cuacanya cerah, karena, kita tidak mungkin melihat SuperMoon saat mendung .
Akan tetapi, jika kita beruntung tanggal 21-Maret kemarin , kita bisa melihat Super Moon . Namun, jika kita belum beruntung, kemungkinan 18 tahun lagi baru bisa melihat lagi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar