Mengenai Saya

Foto saya
Indonesia
Artikel adalah sebuah bacaan menghibur dan bermanfaat. Di sini kami menyediakan artikel bagi anda yang haus pengetahuan. Kami bukan yang terbesar dan terlengkap, tapi kami berusaha menjadi yang terbesar dan terlengkap .

Selasa, 05 Juli 2011

Roda

Roda atau dalam bahasa Inggris disebut tire adalah benda yang tak asing lagi bagi kita . Roda selalu melengkapi kendaraan yang kita pakai setiap hari, mulai dari, sepeda, sepeda motor, mobil, dan bahkan pesawat.


Roda mempunyai bentuk lingkaran dan memiliki besi di bagian dalam yang disebut pelk dan ruji, serta bagian luar yang terbentuk oleh karet. Roda itu termasuk salah satu penemuan terbesar yang pernah ada, bayangkan coba kalau roda tidak ditemukan, kita akan tetap menempuh jarak ratusan kilo dengan jalan kaki.

Sejarah Penemuan Roda
Roda pertama kali ditemukan oleh bangsa Yunani kuno pada tahun 500 tahun  S.M ( kalau tidak salah ) . Awal mulanya bangsa Yunani kesulitan mengangkat barang berat, meski telah menggunakan tenaga kuda ataupun keledai, beban tersebut dirasa terlalu berat apalagi kalau harus mengangkat barang material seperti batu dan pasir. Akhirnya mereka mulai mencari gagasan lain supaya lebih mudah memindahkan barang, awal mulanya mereka mencoba memakai batang  kayu bundar,saat itulah prinsip-prinsip dari roda ditemukan, namun karena terlalu boros merekapun mulai memotong batang tersebut menjadi lingkaran yang lebih tipis dan ditempelkan pada setiap sisi kotak yang akan ditarik bersama-sama atau ditarik kuda . Akhirnya terciptalah roda. Ternyata tidak Cuma di gunakan sebagai alat bantu mengangkut tapi juga sebagai kendaraan perang, kendaraan pedagang berpindah, dan bahkan kendaraan Raja.
Sedikit demi sedikit mulailah berkembangnya roda. Dahulu roda yang terbuat dari kayu sekarang mulai dibentuk oleh karet. Yang mengagumkan adalah, karena terciptanya roda dimulailah penemuan kendaraan lainnya, jadi, manusia yang dulunya harus menempuh jarak ratusan kilo dengan naik kuda atau jalan kaki sekarang bisa menggunakan kendaraan ber-roda.
                        
Sejarah pekembangan Roda
Setelah memasuki awal zaman klasik (classical age), roda mulai melengkapi kendaraan yang di kendaraai orang-orang pada waktu itu. Berbagai macam dokar mulai  bermunculan seiring berkembangnya roda. Tidak hanya di gunakan sebagai kendaraan biasa saja, roda juga mulai melengkapi alat kemiliteran di beberapa negara pada saat itu.
Pada era modern ini roda sudah melengkapi berbagai kendaraan yang kita miliki mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil, dan juga pesawat. Bentuk serta ukurannya pun berbeda beda, ada yang bergerigi seperti roda Motor-cros, roda yang halus seperti yang ada di mobil F1 gt, dan juga alat-alat di pabrik pun memakai prinsip roda.

Sebenarnya, bentuk-bentuk dari roda itu tidak sembarang dibentuk, melainkan memiliki tujuan-tujuan khusus. Seperti contoh roda mobil, motor, dan sepeda dibuat agak bergerigi supaya menambah sedikit gaya gesek yang hampir keseluruhan hilang ketika roda berputar. Kemudian roda Motor-cros yang bergerigi, mempunyai tujuan agar saat menempuh medan yang terjal, pengendara bisa aman. Kemudian roda F1 gt yang dibuat halus hampir tidak bergerigi supaya memudahkan pembalap agar bisa melaju dengan kencang.

Nah, sekarang tahukan apa sebenarnya roda itu? Terkadang kita tidak memperhatikan roda yang termasang di kendaraan kita, padahal, butuh perjuangan keras supaya roda bisa ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar